Usaha Kopi Jenggo Sederhana

Sudah tak heran lagi, budaya ngopi ini sudah mendarah daging bagi orang-orang mulai dari kelompok ekonomi menengah bawah hingga ekonomi menengah atas. Seluruh lapisan masyarakat memang banyak yang tergila-gila kopi, sehingga rasanya akan ada yang aneh kalau melupakan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi itu adalah jenis minuman yang diolah dari pengolahan butir kopi. Biji kopi itu didapat dari pohon kopi yang telah siap dan tua yang kemudian dikupas lalu dijemur terlebih dahulu. Setelah fase pengeringan berlanjut ke tahapan pegongsengan kopi yang bertujuan untuk menciptakan rasa dan aroma kopi yang lebih lezat. Metode ini dilakukan dengan menggoreng kopi tanpa memakai minyak, kemudian tahap menggoreng selesai butir kopi bisa digiling supaya memperoleh bubuk kopi yang halus dan lembut. Bubuk kopi inilah yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang nikmat.

Indonesia adalah negara yang menghasilkan kopi dengan kuantiti sangat banyak sedunia. Maka tak asing bila kopi dari Indonesia sudah populer sampai mendunia. Satu-satunya jenis kopi yang memiliki peringkat nomor satu dengan kualitas terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut didapat dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nominal harga sangat tinggi.

Ramainya pecinta kopi di negeri ini bisa menciptakan sebuah peluang usaha kopi jenggo yang menguntungkan serta membanggakan. Minuman yang jadi target serta kesukaan masyarakat pasti akan membuahkan income bisnis yang baik bagi pelaku usaha kopi jenggo. Di masyarakat Indonesia sudah banyak beterbaran para pemain usaha kopi jenggo mulai dari kedai kopi sederhana hingga warung kopi modern. usaha kopi jenggo ini ramai dibanjiri para pembeli yang ingin nongkrong atau berkumpul bersama sahabat, saudara, pacar dan lain-lain dengan ditemani secangkir kopi. Warung kopi menjadi tongkrongan yang ramai dengan penggemar kopi dari waktu ke waktu tidak ada masalah cuaca panas maupun hujan. Inilah yang mengakibatkan banyak pelaku usaha kopi jenggo yang meraih kesuksesan dengan income penjualan yang besar.

Terpana untuk menekuni usaha kopi jenggo yang menggiurkan? Kesempatan berusaha kopi jenggo akan masih terbentang lebar untuk siapa saja yang ingin menggarap langsung di bisnis tersebut. Usaha ini simpel ditekuni tanpa wajib mempunyai keahlian tertentu dalam mengelolanya. Meracik kopi memang tidak rumit dan sulit seperti membuat racikan resep masakan kuliner. Dengan kemudahan proses pembuatan kopi yang mudah menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah kalangan untuk menjalankan usaha kopi jenggo.

Baca juga  7 Cara Mudah Mengenalkan Sate Lele Kepada Masyarakat
Membuat kopi sendiri memiliki cara yang praktis dan populer yakni dengan menaruh pemanis dan kopi lalu siram dengan air panas, kopipun sudah siap. Cara simpel Menyeduh kopi juga biasanya penggemar atau penikmat kopi di Indonesia ini menjadikan usaha kopi jenggo peluang suatu bisnis yang menguntungkan. Lantas bagaimana cara memulai atau membuka usaha kopi jenggo ? Untuk menguasai usaha kopi jenggo ini Anda bisa memperhatikan hal-­hal berikut ini:

Mengawali Usaha Kopi Jenggo
Setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan untuk memulai bisnis ini. Pelajari betul dengan fokus.

Sasaran Customer
Anda wajib memikirkan masak-masak siapa sasaran konsumen Anda. Siapakah yang akan menjadi konsumen prioritas usaha kopi jenggo Anda. Berapa pendapatannya. Seperti apa mereka menganggap racikan suatu kopi. Kalangan apakah mereka? Mahasiswa, kuli, kaum kapitalis, eksekutif kantoran, ataukah para penikmat kopi?

Memahami perilaku pelanggan akan membantu merancang trik berikutnya. Contohnya lokasi yang sesuai, desain kode yang tepat, dan tarif yang pas untuk kopi Anda. Bila dana Anda kecil dan menarget konsumen golongan menengah ke atas. Carilah teman atau investor yang ingin membiayai bisnis Anda.

Langkah simpel menemukan investor adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun ada tips lain yang lebih mudah dan hemat. Berusahalah untuk mengikuti kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh berbagai badan. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Bila menang, Anda akan mendapat modal secara cuma-cuma.

Lokasi Usaha kopi jenggo
Anda wajib menemukan tempat sangat strategis untuk membuka usaha kopi jenggo ini. Tempat menjadi hal penting dalam proses bisnis Anda. Contohnya saja Anda ingin memakai ide kedai kopi sederhana, jadi Anda harus menggunakan tempat yang sering bersinggungan dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai.

Begitu pula bila Anda ingin merancang usaha kopi jenggo dengan kedai. Ini dapat sangat menolong bila lokasi yang Anda dapatkan adalah lokasi yang bersinggungan dengan universitas, mall, sekolah, kantor, dan lain-lain. Sedangkan jika Anda lebih berminat untuk menyuguhkan lidah pecinta kopi di suatu lokasi yang santai, Anda dapat menentukan lokasi di tempat rekreasi.

Mendapatkan Vendor
Ini adalah sesuatu yang krusial, yang kadang dianggap sepele. Bila Anda menjual kopi untuk sasaran pelanggan kalangan menengah ke bawah. Anda tak perlu ribet mencari vendor, di pasar banyak peusaha kopi jenggo baik langsung ataupun tidak.


Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-jenggo/

 Bisnis Roti O yang Menjanjikan


Membuat bisnis pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari bisnis yang menguntungkan. Bisnis rumahan seperti ini masuk kedalam jenis industri rumahan yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan dapat dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil hanya dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat berjalan mengingat peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Bisnis roti o rumahan seperti ini juga bisa dijalankan diberbagai wilayah karena target pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pernah melihat di warung-warung pinggir jalan roti macam ini dijual dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti ditawarkan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk bisnis roti o kelas rumahan ini, biasanya mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di tokonya mulai berkurang.

Lingkup pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang dijalankan, jika daya produksi rotinya masih terbatas biasanya cakupan pemasarannya hanya disekitar tempat pembuatannya, kendaraan yang digunakan untuk berkeliling pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor atau sepeda.

Sebaliknya untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang sudah berskala cukup besar, cakupan pemasaran mereka umumnya lebih luas karena kemampuan produksi rotinya pun lebih besar, armada yang diperlukan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti O Rumahan
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Mula-mula yang harus Anda persiapkan adalah keahlian atau keterampilan untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan sumberdaya yang terlatih dibidang pembuatan roti.

Kemudian juga harus disediakan berbagai jenis alat penunjang berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling memakan banyak dana usaha karena harga tiap mesinnya agak tinggi, diantaranya yang umum dipakai adalah:

Baca juga  Melihat Sejenak Peluang Bisnis Roti Amanda yang Sederhana
Mixer, yang berguna untuk membuat adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berguna untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan membagi adonan roti agar ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai jenis alat pendukung lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain sebagainya. Harga dari setiap mesin di atas berbeda tergantung dari jenisnya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai jika Anda ingin secara lengkap mempunyai semua mesin produksi roti ini, modal yang harus Anda persiapkan sekitar 30 hingga 50 jutaan.

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Kesuksesan Bisnis Waralaba Restoran

Usaha Kebab Burger, Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Sate Entok dan Tips Usahanya