Manfaat Sosis Fermentasi yang Harus Anda Ketahui

Pilihlah sosis fermentasi yang aromanya khas daging, tidak ada bau basi atau bau-bau yang menyimpang lainnya.

Jika Anda ingin menjadikan kudapan yang kaya akan gizi ini sebagai ladang usaha di rumah, Anda bisa memanfaatkan mesin pembuat makanan di Ramesiamesin.com. Kami menyediakan berbagai alat untuk memproduksi makanan yang berkualitas dan lebih cepat, baik dalam skala kecil maupun besar.
Mesin-mesin yang kami sediakan adalah mesin dengan kualitas terbaik dan bergaransi. Kurang apalagi? Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami di Ramesiamesin.com Rajanya mesin.

Jika anak anda suka makan sosis fermentasi, sebaiknya anda memilih produk sosis fermentasi dengan kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi (maksimal 10%). Dengan alasan tersebut, anda harus jeli menelaah kandungan nutrisi pada label.

Protein juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis fermentasi yang berkualitas harus mengandung protein paling sedikit 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika standar ini tersedia pada tiap sosis fermentasi, maka dapat dikatakan bahwa sosis fermentasi adalah panganan yang baik.

Berikut beberapa Tips khusus ketika memilih sosis fermentasi yang berkualitas.
Pilihlah sosis fermentasi yang memiliki jangka kadaluwarsa yang masih lama dan simpanlah dalam freezer.
Pilihlah sosis fermentasi yang terlepas dari pewarna buatan, sekalipun hal tersebut dibolehkan oleh aturan negara kita. Jika terlanjur membeli sosis fermentasi yang terlihat merah terang, segeralah hindari membeli kembali brand tersebut. Karena kemungkinan besar produsen sosis fermentasi menggunakan pewarna dalam jumlah berlebih atau barang kali malah menggunakan pewarna non pangan.

Perhatikan bentuk kemasan sosis fermentasi. Jika mucul selaput atau lendir tipis seperti susu disekitar sosis fermentasi, sepatutnya jangan membeli sosis fermentasi tersebut alasanya, kondisi ini mencirikan kalau sosis fermentasi yang mulai rusak.

Pada saat itu Jerman menjadi kiblat dari pengolahan sosis fermentasi, karena di negara tersebut sosis fermentasi dijadikan sebagai santapan utama. Disamping itu, lebih dari seribu varian sosis fermentasi telah berhasil dibuat di Jerman.

Baca juga  Potensi Peluang Bisnis Kemasan yang Terus Meningkat
Selain enak dan praktis, sosis fermentasi juga termasuk makanan yang bergizi dan baik untuk keluarga tercinta.

Selesai diolah, adonan yang berasal dari daging segar tersebut kemudian dikemas dengan selongsong bahan yang terbuat dari usus hewan contohnya sapi, kambing, domba, dan babi, atau bisa juga menggunakan plastik.

Sosis fermentasi memang bukan makanan hasil kreasi orang Indonesia, tetapi sangat populer di setiap sajian masakan Indonesia. Sosis fermentasi awalnya diolah dengan tujuan untuk mengawetkan setiap makanan yang berbahan baku daging. Sosis fermentasi sendiri pertama kali diperkenalkan oleh orang Sumaria (sekarang Irak) pada tahun 300 SM.

Sosis fermentasi merupakan makanan yang terbuat dari perpaduan sempurna antara daging dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya sehingga menghasilkan taste yang khas dan unik. Sedangkan daging yang dapat digunakan dalam pembuatan sosis fermentasi adalah ikan bandeng, daging sapi, daging ayam, domba, ikan dan babi.

Namun, tulisan-tulisan yang berkaitan dengan sosis fermentasi pertama kali dikenali melalui sebuah dokumen Yunani Kuno yang ditulis pada tahun 500 SM. Kemudian sosis fermentasi makin dikenal di dunia dan kawasan Eropa, terkhusus Jerman.

Demikianlah manfaat dan cara memilih sosis fermentasi. Dengan mempertimbangkan tingginya gizi dari sosis fermentasi, maka tidak ada salahnya jika anda ingin menyetok sosis fermentasi untuk kebutuhan di rumah Anda.

Hanya saja, karena kadar lemak dan kolesterol sosis fermentasi yang cukup tinggi, sebaiknya sosis fermentasi tidak dijadikan sebagai menu rutin bagi anak-anak guna menghindari masalah obesitas dan penyakit-penyakit yang mengikutinya, dikemudian hari.

Vitamin B12: merupakan vitamin yang terkandung di tiap makanan yang berasal dari hewan. Vitamin ini tidak terdapat pada tumbuhan kecuali yang mengalami reaksi fermentasi saja, contohnya tempe atau sayuran yang telah difermentasi. Vitamin tersebut juga berguna dalam mengaktifkan struktur folat serta diperlukan dalam metabolisme sel-sel.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-sosis-fermentasi/

Membuat Popcorn Ala xxi Di Rumah Kamu

Apa Itu Popcorn?
Apa itu popcorn? Popcorn adalah cemilan atau jajanan yang terbuat dari jagung yang dimakan saat sedang bersantai, menonton tv, dan acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang sangat diminati oleh anak-anak dan remaja yang banyak dijual di bioskop, taman bermain, stand pasar malam, kantin sekolah, dan kampus atau juga tempat dimana banyak orang yang berkumpul. tempat seperti itu yang menjadi sasaran paling pertama dalam menjual popcorn.
Bahan baku dari popcorn adalah jagung. Popcorn sendiri adalah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri digunakan supaya popcorn jadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn tidaklah sulit hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 atau tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu dua menit popcorn yang gurih dan enak siap untuk dijual dan disantap.
Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn pastikan kita sudah mencari lokasi berjualan popcorn yang strategis karena tidak semua orang membutuhkan popcorn untuk cemilan, karena masih banyak aneka cemilan yang lainnya. Dan juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Kita Butuhkan untuk Berjualan Popcorn
Modal yang kita butuhkan untuk menjalankan usaha popcorn memang bisa dikatakan kecil dengan perkembangan profit yang cukup tinggi. Menjalankan usaha popcorn dapat dibilang tidaklah susah dengan kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah dan banyak ditemukan di minimarket. Usaha popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi-inovasi popcorn bermacam rasa dari bumbu-bumbu yang berbeda.

Untuk menjalani usaha popcorn dengan langkah yang tidak rumit Anda perlu melakukan 4 hal berikut ini:
1. Pertama, buat perencanaan ketika mengawali usaha popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan cara memfokuskan jenis popcorn yang Anda buat, misalkan popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda bisa menggambarkan secara umum mengenai jenis popcorn tersebut mengenai rasa dan aromanya, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan lokasi penjualan dan perencanaan lainnya.
2. Kedua persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn baik dari mesin popcorn yang akan digunakan maupun peralatan pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat mengancam kesehatan jika cara pengolahan maupun penyimpanannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat popcorn yang memiliki mutu, kualitas dan kepercayaan yang baik dari konsumen tentu dapatkan juga perizinan dari Depkes serta dengan sertifikat halal.
3. Jika Anda ingin memasarkan popcorn Anda dengan cara online atau dengan cara membungkusnya langsung dan ditawarkan ke para supplier, pastinya Anda harus melabeli produk dengan merk yang unik dan baik. Jangan lupa untuk sertakan bahan-bahan pada kandungan popcorn yang kita buat, berat produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, perizinan dari badan usaha serta informasi produk lainnya.
4. Promosikan bisnis popcorn ke masyarakat umum dengan memilih sasaran yang tepat. Usaha popcorn ini banyak sekali peminatnya serta tinggi akan konsumsinya di kalangan masyarakat.
Setelah Anda mengetahui hal-hal yang penting untuk dilakukan dalam bisnis popcorn, Anda bisa langsung memulai bisnis tersebut. Bahan baku dalam bisnis popcorn ini memakai biji jagung dan mentega, popcorn tersebut diproduksi dengan cara memanaskan jagung dalam suhu yang tinggi hingga mengembang. Penambahan mentega digunakan untuk menghasilkan rasa popcorn yang enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tersebut biasanya ketika membuat popcorn juga bisa menggunakan pewarna alami dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Baca juga  Cara Memotong Daging agar Empuk dan Tidak Alot
Resep Membuat Popcorn
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
· Biji jagung
· Mentega
· Panci beserta tutupnya (bisa juga menggunakan wajan besar)
· Gula

Cara Membuat:

1. Sediakan panci di atas kompor. Sediakan dan ditakar sesuai dengan selera jagung yang akan dibuat popcorn.
2. Masukkan dua sendok makan mentega ke dalam panci, nyalakan kompor dengan api yang sedang. Setelah mentega meleleh, kecilkan kompor dan masukkan 2 genggam biji jagung ke dalam panci.
3. Kemudian tutup panci dan sesekali goyangkan panci untuk membuat semua jagung terkena mentega.
4. Lalu biarkan beberapa saat saja, lalu Anda akan mendengar letupan kecil di dalam panci.
5. Biarkan hingga suara letupan selesai, kemudian matikan kompor.
6. Terakhir, buka tutup panci kemudian tambahkan gula sesuai selera, campur merata.
Siap sajikan hangat. Jika menginginkan popcorn lebih berasa dan berwarna bisa dengan cara ditambahkan dengan gula cair dan pewarna makanan.

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Kesuksesan Bisnis Waralaba Restoran

Usaha Kebab Burger, Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Sate Entok dan Tips Usahanya