Bisnis Abon Sehat

Bisnis usaha rumahan abon ikan sehat sebenarnya tidak setenar abon daging. Tapi rasa dan bau khas yang enak dari abon ikan membuat abon tersebut justru menyimpan kenikmatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi strukturnya yang lebih lembut memberi rasa special di lidah pecintanya.

Selain itu, abon ikan mengandung banyak vitamin ikan yang jauh lebih terjaga dan sehat dibandingkan abon daging yang masih memiliki banyak kolesterol dari daging sapi. Dan satu peringatan pentingnya adalah abon ikan ini juga lebih mudah Anda jadikan bisnis usaha rumahan.

Anda mampu memulai bisnis usaha rumahan dengan memproduksi abon ikan secara home industry dengan bermodal produk ikan yang paling mudah Anda akses di sekeliling Anda. Dengan fokus pada jenis ikan yang gampang Anda akses, maka mempermudah Anda memproduksi searah dengan sasaran target, karena Anda tidak perlu lagi kerumitan untuk memperoleh bahan baku.

Ada banyak pengganti ragam ikan yang tepat untuk menjadi bahan baku abon, seperti ikan lele dan patin, ikan gurame, ikan gabus atau justru ikan laut seperti ikan tuna, tenggiri, kerapu atau tongkol. Menurut para juru kuliner, ikan yang baik untuk bahan baku abon ikan yaitu ikan yang sudah dewasa, karena dagingnya lebih kenyal sehingga seratnya masih terasa apabila Anda masak menjadi abon. Ikan kecil atau muda dagingnya sangat halus dan dapat lebur ketika Anda goreng menjadi abon.

Untuk metode produksi bisnis usaha rumahan ini tergolong gampang. Ikan skala besar dicuci, kemudian dikupas dan dilepas duri beserta jeroan dalamnya setelah itu digiling dan diaduk dengan bumbu-bumbu. Setelah didiamkan kurang lebih 1 jam biar bumbu meresap, adonan daging ikan yang sudah diolah tadi Anda goreng sampai menguning dan wangi, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Total seluruhnya untuk sekali adonan diperlukan waktu masak kurang lebih 2-3 jam saja, terbilang simpel dan cepat kan?

Sangat tepat buat para ibu rumah tangga yang sudah pusing dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Mengembangkan bisnis usaha rumahan produksi abon ikan ini sekedar menghabiskan waktu yang tidak banyak, sehingga tidak akan banyak merubah ritme kerja Anda sebagai ibu rumah tangga.

Baca juga  Peluang Bisnis Bumbu Masak yang Menarik Ibu-ibu
Justru untuk sebuah bisnis kelas rumahan, Anda dapat melaksanakan bisnis abon sehat ini dari skala yang kecil terlebih dulu. Manfaatkan peralatan dapur yang Anda miliki dan belilah setidaknya 5 kg ikan sesuai dengan jenis yang bakal Anda produksi secara biasa. Dari 5 kg daging ikan segar, kebanyakan dapat menghasilkan kurang lebih kg abon ikan matang siap jual. Kapasitas ini cukup untuk membuka sebuah bisnis usaha rumahan skala kecil.

Lantas apa uraian peluang dari bisnis usaha rumahan ini?
Anda dapat melihat beberapa pelaku bisnis serupa dari berbagai macam pelosok kalangan. Di kota Yogyakarta terdapat sebuah usaha bisnis abon ikan berbahan lele di wilayah Minomartani Yogyakarta. Dari hanya sekedar menghasilkan produk skala kecil 3 -5 kg ikan mentah perhari, kini dalam satu hari produsennya harus cukup payah menyuplai 35 kg ikan lele fresh.

Cerita senada diungkapkan oleh seorang produsen bisnis abon ikan di Cilacap. Menggunakan bahan baku ikan tongkol yang gampang di peroleh di nelayan dengan harga miring, Dari dana cuma sekitar 4 juta untuk bahan baku dan peralatan termasuk wajan penggorengan, kompor gas dan alat spinning minyak goreng, sekarang setiap hari pemiliknya menceritakan dapat memperoleh laba tidak kurang dari 40 juta perhari dengan profit keuntungan sekitar 20 -30 %.

Berdasarkan kedua pelaku bisnis abon sehat tadi, mereka juga mengakui meski di awal tidak mudah, rupanya dengan penjualan yang pas, mereka sukses menjajakan hasil produksi abon ikannya dengan cepat dan mudah. Bahkan dagangan mereka bisa berkembang terus menerus.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-abon-sehat/

Usaha Jus Herbal

Usaha jus herbal saat ini lagi popular. Anda dapat membuka usaha rumahan dengan menjual jus buah segar dengan modal yang tidak begitu banyak. Anda akan mampu memperoleh keuntungan pada bisnis rumahan ini dengan keuntungan selisih harga berkisar antara 15% sampai 30%. Bagi Anda yang pusing menemukan ide bisnis sampingan ataupun usaha rumahan, ide bisnis menjajakan minuman jus herbal dapat menjadi pilihan bagi Anda, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga.

Usaha Jus Herbal mirip dengan usaha jus buah segar. Untuk mengawali usaha jus buah segar, sebaiknya Anda harus lebih cermat dalam membaca pesaing yang berada di sekeliling tempat tinggal Anda. Karena bisnis jus buah ini lagi trend, sehingga banyak yang telah membuka peluang usaha ini. Perhatikanlah bagaimana para kompetitor yang semisal melakukan usaha jus ini, mulai dari harga jus buah segar, cara mengemasi dan pelayanannya. Anda bisa membuka usaha jus buah segar ini dengan lebih inovatif, yaitu dengan menawarkan aneka rasa jus buah serta kemasan yang bagus. Supaya lebih beda dari yang lain, Anda dapat menciptakan merk khusus yang dapat Anda tempelkan pada kemasan jus yang digunakan untuk jualan. Hal ini untuk menarik pembeli Anda supaya memiliki kesan bagus sehingga bisa diterima oleh pembeli.

Prediksi Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Jus Herbal / Buah Segar

Modal yang harus disediakan untuk memulai usaha jus buah segar dapat dikatakan tidak terlalu banyak. Sebagian peralatan yang dibutuhkan pun juga tidak begitu besar. Alat-alat yang perlu disiapkan mencakup alat juicer, pisau kupas, gelas plastik, wadah air atau toples, dispenser, keranjang sampah dan sedotan plastik.

Perkiraan modal untuk membuka bisnis jus buah

1. Frezeer es Rp. 500.000

2. Blender Rp. 300.000

3. Kebutuhan lain-lain Rp. 300.000

4. Etalase/gerobak Rp. 1.500.000

Total Rp. 2.600.000

Cost operasional untuk jangka waktu satu bulan yang harus disediakan

1. Sedotan Plastik 500 biji @ 100 Rp. 50.000

2. Cup 500 biji @ 500 Rp. 250.000

Baca juga  Bisnis Bakso Bakar yang Menguntungkan
3. Aneka Buah 10 kg @ 50.000 Rp. 500.000

4. Es Batu Rp. 100.000

5. Susu, Coklat dan Gula Rp. 500.000

6. Cost Penyewaan Listrik Rp. 150.000

7. Karyawan satu orang Rp. 750.000

8. Sewa Ruko Rp. 500.000

Total Rp. 2.800.000

Total Estimasi cost yang di dibutuhkan dalam 30 hari adalah Rp. 2.600.000 + Rp. 2.800.000 = Rp. 5.400.000

Untuk memulainya, Anda harus mempunyai target penjualan. Tentukan seberapa banyak gelas jus buah segar yang dapat Anda jual. Kita prediksikan target pemasaran jus buah segar per hari adalah 30 gelas.

Cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Apabila dalam sehari Anda sukses menjual 30 gelas jus dengan harga jual Rp. 7.000 per gelas. Jadi omzet per hari ialah 30 x Rp. 7000 = Rp. 210.000

Kemudian apabila dalam jangka waktu satu bulan full, maka jumlah omzet adalah Rp. 210.000 x 30 = Rp. 6.300.000

Apabila pengeluaran dan modal awal untuk satu bulan Rp. 5.400.000 dan omzet Anda dalam satu bulan tercapai Rp. 6.300.000, maka keuntungan bersih Anda adalah Rp. 900.000.

Untuk bulan pertama Anda masih bisa memperoleh keuntungan yang tidak terlalu besar, karena di bulan pertama Anda memulai usaha jus buah segar ini harus berinvestasi untuk keperluan etalase, mesin blender dan lainnya.

Selanjutnya pada bulan-bulan setelahnya jika Anda mampu melakukan penjualan yang semisal per hari menghasilkan omzet Rp. 210.000, maka estimasi pendapatan dibulan kedua dan selanjutnya adalah Rp. 3.500.000.

Perhitungannya yaitu biaya alat-alat tidak kita sertakan dan omzet dikurangi cost operasional setiap bulannya. Dengan hasil yang melebihi gaji UMR, maka bisnis jus buah segar ini mempunyai prospek yang baik. Bagi para ibu rumah tangga bisa membuka bisnis sampingan ini di halaman rumah atau menyewa tempat di lokasi yang ramai pengunjung seperti di depan halaman supermarket yang sekarang banyak tersebar di daerah-daerah.

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Kesuksesan Bisnis Waralaba Restoran

Usaha Kebab Burger, Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Sate Entok dan Tips Usahanya